Thursday, 23 September 2010

Cara Merawat Kulit Wajah yang Berpori-pori Besar

Kulit wajah dengan pori-pori yang besar memang sangat menggangu, selain wajah terlihat kurang mulus juga bisa dengan mudah memicu timbulnya jerawat. Kulit wajah berpori besar ini sudah menjadi bawaan secara genetik,  jadi tidak mungkin untuk dikecilkan lagi. Tetapi, lubang pori-pori ini malah akan bertambah besar  jika kulit wajah kita tidak dibersihkan secara teratur, karena disebabkan oleh penumpukan sebum serta sel kulit mati.
Maka dari itu, perawatan yang bisa dilakukan terhadap kulit wajah yang berpori-pori besar adalah hanya dengan cara menjaga agar lubang pori-pori wajah kita tidak bertambah lebih besar lagi. Sementara ini para ahli dermatologi serta ahli kecantikan kulit pun belum menemukan obat yang mujarab untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah secara permanen.

Pengangkatan sel kulit mati dan kumpulan sebum yang menumpuk merupakan faktor yang sangat penting dalam merawat kulit wajah yang berpori-pori besar. Salah satu produk pembersih kulit yang cukup efektif adalah susu pembersih, produk ini diyakini bisa melumerkan tumpukan kotoran dalam pori, sehingga saat diusap dengan kapas, kotoran tersebut sempurna terangkat. Sebelum menggunakan produk apapun yang berhubungan dengan pembersih wajah, ada baiknya mengompres terlebih dahulu kulit wajah anda dengan handuk hangat, agar lubang pori-porinya terbuka sehingga  kotoran yang menyumbat pori-pori akan lebih mudah terkikis. Setelah itu pakai juga toner astrigent, kandungan alkohol-nya berguna untuk mengecilkan pori-pori yang telah terbuka tadi. Kemudian pergunakan juga toner pelembab, ini untuk mengembalikan kelembaban kulit. Atau bisa juga dengan menggunakan produk 'face scrub', ini adalah semacam produk pembersih dengan kandungan butiran-butiran kecil untuk mengangkat lapisan kulit mati dan mengikis kotoran yang menyumbat pori. Tapi hindari produk ini kalau wajah sedang berjerawat. Atau bisa dicoba juga dengan menggunakan 'pore pack', semacam plester untuk mengangkat komedo dengan cara lebih aman.
Jangan sekali-kali memencet kulit untuk mengeluarkan komedo, karena  malah makin memperbesar lubang pori-pori dan bahkan kulit bisa jadi bopeng.

Salah satu cara lain untuk merawat kulit wajah anda dari penumpukan sebum adalah dengan banyak konsumsi wortel, untuk mendapatkan asupan beta-karoten (vitamin A). Vitamin A ini bermanfaat untuk memperkuat serat-serat yang melindungi kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, vitamin A juga efektif untuk mengurangi produksi sebum. Intinya, vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga dan memperbaiki serat dan jaringan yang membentuk kulit. Fungsi lain dari vitamin A adalah sebagai anti oksidan yang akan menyingkirkan berbagai racun tubuh. Kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan jerawat.

Wajah dengan kulit yang mempunyai pori-pori besar juga merupakan anugerah yang diberikan Sang Pencipta kepada kita, jadi sudah sepantasnya kita bersyukur dan merawatnya. Sebaliknya,  jika kita mempunyai kulit wajah yang mendekati sempurna tetapi kita tidak bersyukur dan sombong, malah akan menjadi bumerang, kecantikan tidak akan ada yang abadi, suatu saat Tuhan akan mengambilnya.


Baca juga :

0 comments:

Follow by Email